27 February 2010

Menata Emosi Untuk Merasa Lebih Baik Setiap Hari


BURUNG ELANG DALAM BURUNG PIPIT


Aku menatap kebawah dan melihat bayangan seekor burung pipit yang sedih dan lemah, selalu mengepakkan sayap-sayap kecilnya menerpa angin, dan saat butiran-butiran pasir beterbangan menghunjam tubuhnya ia berjuang dengan segenap kemampuannya untuk tetap terbang, membungkukan tubuhnya yang telah letih.

Aku merasakan diriku bagaikan burung pipit ltu, terbelenggu dan tak berdaya di bumi ini dan kesedihan menorehkan luka yang dalam pada asa di dalam diriku yang melemah. Aku telah melihat sebuah gelas yang kosong setengahnya yang membuatku putus asa. Sebenarnya, bagian yang setengahnya yang dituangkan adalah nektar yang telah lama aku inginkan dan butuhkan. Aku menangis dalam hati.


Aku berhenti dan mencium sekuntum mawar tapi pastinya mawar yang salah. Aku punya jiwa dan spirit tapi telah lama terlupakan dan jiwa serta spirit itu bahkan tidak saling menyapa.
Di saat aku mengerahkan sisa-sisa daya dan keberanianku kedalam sayapku yang harus segera aku kepakkan, aku benar-benar kehilangan arah tujuan yang telah aku tetapkan. Aku benar-benar tersesat dimana aku telah di takdirkan untuk berada, setiap bidang tanah yang kutandai ada di sini dan aku semakin tersesat di dalam hidup ini.


Dalam gelapnya pengetahuanku akhirnya kutemui harapanku dalam kebenaran sejati yang sama sekali tidak kumiliki.
Aku tak akan pernah mencapai tempat yang telah di takdirkan untukku melalui jalan ini tak peduli upaya, darah, air mata, keelokan jiwaku, saat sayap-sayapku terluka oleh makhluk kesedihan yang kuciptakan sendiri.


Dan dalam pengharapan yang hampa ini, yang terbentuk dari penghinaan namun menyadarkan, aku menemukan angin. Aku berhenti mengepakan sayapku, membiarkanya dan mulai melayang melambung ke angkasa jiwaku yang sejuk dan lembut. Kehidupanku yang sebenarnya tak perlu dicemaskan. Sesuatu menjadi baru dan aku melayang, kemudian membumbung tinggi, tanpa perlu mengepakkan sayap menuju sorga.


Sayap-sayapku memeluk langit dan akhirnya jiwaku mengenal spiritku. Nektar itu bukan berada di dalam gelas karena ia telah dituangkan di dalam jiwa dan mawar yang harum mewangi itu ada dimana-mana. Aku tak perlu berjuang dan melukai tubuhku karena sekarang aku hidup.


Pasir dan angin turut bersamaku disaat aku terbang, saudara-saudaraku ada di sisiku, mengusap-usap dan memelukku. Aku mengamati isi seluruh dunia menghirup dan menghembuskan keindahan murni. Berat tubuhku menguap bersama nafas kelegaan yang ku hembuskan dan mengisi awan gumawan yang membelai rambutku.


Aku melihat kebawah. Burung pipit yang sedih itu tidak ada lagi. Aku hanya melihat rentang lebar sayap seekor elang berteman dengan angin dari semua angin dimana elang selalu menjadi bagiannya.


Pikiran-pikiranku… melindunginya, memberdayakanya, melanggengkan, namun mereka hanya beriringan, berloncatan, menyerbu, tamu-tamu sok penting yang tak diundang.
Jadi aku terpekur dengan tantangan, perjalananku, pencarian kedalam diri. Ini adalah pemikiranku tentangpikiran yang menawarkan janji.


Itu semata dapat memunculkan kepasrahan untuk hidup dan untuk menjadi. Dan dalam pemikiran rantai-rantai mentalkuitu dapat di ubah menjadi debu listrik darimana mereka berasal. Datanglah pikiranku yang bergerak cepat, datanglah pikiran-pikiranku yang menyerbu dan menghantui, karena aku kini sudah bebas.






CACAT YANG SEMPURNA


Dijalan yang sering aku lalui
Aku bertemu bathinku yang kuasa berada.
Di antara keindahan dalam hidupku
Aku menemukan badai kecil gejolak bathinku.


Setiap bukit dan awan yang indah
Merupakan pemberian dalam samaran yang gelap.
Rasa damai lepas dari gengamanku
Karena egoku terlalu berani.
Untuk setiap pohon yang bertajuk indah dan suci
Aku merasa lebih banyak kesenangan menjauh dariku.


Di langit yang biru dan suci
Aku mengenang lebih banyak kesenangan dimata pikiranku.
Titik-titik hujan bak kristal mulai jatuh
Tapi tidak sesempurna yang aku bayangkan.
Lalu, aku tahu mengapa kedamaian menjauh dari sentuhanku,
Aku terlalu banyak kehilangan keindahan yang luar biasa.


Dalam diri seseorang, tanaman atau anak sungai
Kebahagiaan yang seharusnya aku rengkuh luput dari pandanganku.


Semakin dekat aku melihat keping-keping hidupku
Aku berdarah karena pisau pemotong yang cacat.
Tiada, tak ada yang dapat bertahan dari
Pengamatan kritis yang aku lakukan.
Begitu pula pemandangan di pantai nun jauh
Kelihatan lebih berharga untuk dijelajahi.
Namun keindahan sesungguhnya ada dalam genggaman
Dalam hidupku tepat di mana aku berdiri.


Dengan menyelami kekurangan lebih dalam
Aku melihat dalam kekurangan itu benang merah sorgawi.
Kemudian akan kita temui kebahagiaan tertinggi,
Setiap kekurangan itu di anugerahi kecupan suci,
Setiap keping teka-teki kehidupan.


Di bentuk dan dirancang oleh tangan Tuhan.
Untuk melihat lautan yang luas dalam tetesan embun
Dan melihat sorga dalam nafas yang aku hembuskan.
Untuk merasakan semua makhluk dalam seekor kutu kecil
Dan wajah tuhan sendiri pada semua yang aku lihat.
Kekurangan semacam itu memang sempurna,
Sekarang mata Tuhanlah dari mana aku melihat,






NYANYIAN JIWA


Aku memandang rendah sebuah bintang dan memuji sang bumi.
Aku melihat dengan jelas menembus dinding batu-bata yang dingin
Dan pada suara yang tak terlihat.
Aku makan segelas penuh anggur matang
dan minum sepotong kue pai.
Seutas tali bersinar diatas bumi
Sinar bulan yang kuikat.
Aku meniup sekuntum mawar yang harum
Dan mengendus beberapa batuan putih yang halus,
Aku terlelap diantara gaduh dan kuatnya suara-suara lengkingan
Dan menari dalam iringan nada-nada sunyi.
Kuletakkan beberapa permata di rambutku
dan kemudian telingaku berkerut.
Kulihat diluar hatiku
dan jauh di dalam dunia ini.
Aku terbang tinggi melewati jernihnya laut biru
Dan berbasuh dengan geraian rambut para malaikat,
Aku menghirup air dari mata air yang bening bak kristal
Dan berenang di udara.
Akhirnya aku merasa diriku terbangun,
Aku adalah spirit yang telah lama mati.
Pikiranku yang hidup membawa jiwaku hidup lagi
Dan berubah menjadi nyanyian.
Sebagian besar lelaki (dan wanita) menjalani
hidup ini dalam keputuaasaan terpendam.
-Henry David Thorea




Dengan emosi yang sangat dingin, kita menjadi tak punya
Rasa humor, kaku dan stereotip, dengan menekan emosi
Kita menjadi tidak imajinatif, terpenjara, dan merasa lebih
baik dari pada orang lain; denan menyalurkan hidup lebih
indah; tidak menyalurkan hidup kita teracuni.
-Joseph Collins


Andaikata aku dapat memulai hidupku lagi dari awal,
Aku tentu akan menata hidupku agar bisa membaca puisi
Dan mendengarkan musik sekurang-kurangnya sekali
dalam seminggu; karena mungkin bagian-bagian tertentu
dari otakku sekarang tidak berfungsi maksimal, dulu
seharusnya aku mengaktifkannya secara maksimal dengan
terus menggunakannya. Kehilangan sentuhan-sentuhan, dan
mungkin berbahaya bagi kecerdasanku, dan lebih besar
kemungkinanya bagi karakter moral, dengan melemahkan
bagian emosional dari hakekat diri kira.
-Charles Darwin


Emosi anda adalah sistem bimbingan dari dalam diri…
Anda memiliki, di dalam diri anda, kemampuan untuk
Menciptakan sebuah kehidupan yang menyenangkan,
Berkelimpahan, dan sehat, atau anda memiliki kemampuan
Yang sama untuk menciptakansebuah kehidupan yang penuh
Tekanan rasa lelah dan penyakit. Degan hanya sedikit
Perkecualian, pilihannya andalah yang menentukan.
-Christiane northrup


Kita tahu bahwa kebenaran tidak berdasarkan logika,
Tapi juga hati.
-Blaise Pascal


Sesuatu yang kita tolak membuat kita lemah,
Hingga kita menemukan bahwa yang kita tolak
Adalah diri kita sendiri.
-Robert Frost


Semakin anda mencoba menghindari penderitaan,
Semakin menderitalah Anda karena hal-hal yang lebih
Kecil dan lebih baik tidak berarti mulai menyiksa anda
Sama besarnya dengan rasa takut anda untuk terluka.
-Thomas Merton


Seni bela diri yang terhebat adalah yang terlembut,
Dengan memberi kesempatan kepada penyerang
Untuk jatuh. Jenderal terbaik tidak bergegas pergi kedalam
Kancah pertempuran. Ia menawarkan kepada musuh
Banyak kesempatan untuk melakukan kesalahan sendiri.
-Lao Tzu


Para lelaki menderita karena terlalu banyak berpikir
Dari pada melakukan hal-hal lain.
-Leo Tolstoy


Jangan pernah membuat suatu keputusan permanen berdasarkan
kekacauan sesaat . Tak masalah setinggi apapun gelombang
kehidupan hari ini, ingatlah; ”Badai pasti akan berlalu!”
-T.D. Jakes


Pikiran (mind) adalah realitas tersendiri, dan di dalamnya
Dapat tercipta Surga Neraka atau Neraka Sorga.
-Jhon Milton




Kebahagiaan adalah seperti seekor kupu-kupu yang,
Ketika di kejar, selalu luput, tapi jika kamu
Mau duduk tenang, kupu-kupu itu
Malah akan hinggap di pundakmu,
-Nathaniel Hawthorne


Hanya bila kita berhenti untuk bahagia,
Baru kita memiliki banyak waktu yang menyenangkan,
-Edith Wharton


Semua masalah kemanusiaan berakar
Dari ketidakmampuan manusia
Untuk duduk sendirian dengan tenang
Di dalam sebuah ruangan.
-Blaise Pascal


Kita tidak memandang hal-hal sebagaimana adanya,
Kita memandang hal tersebut sebagaimana
Diri kita memandangnya,
-Anais Nin


Semua yang terjadi di dunia ini adalah sandiwara, dan semua
manusia, lelaki dan permpuan, hanyalah para pemainya.
Mereka memiliki pintu keluar dan pintu masuknya sendiri-sendiri.
Dan seorang manusia pada dasarnyapada saat dalam hidup ini
Memainkan banyak peran.
-William Shakespeare, As You Like It (II,vii)


Berpikir memang pekerjaan yang paling berat, itulah sebabnya
Mengapa begitu banyak orang yang tidak terbiasa melakukannya.
-Henry Ford


Masalah penting yang kita hadapi tidak dapat diretas
Pada tataran berpikir yang sama dimana
Kita berada saat kita menciptakan masalah itu.
-Albert Einstein


Hanya ada dua cara untuk menjalani kehidupan ini.
Salah satunya dengan mengangap seolah-olah tidak
Ada sesuatu yang ajaib.
Cara lainya adalah seolah-olah
Segala sesuatu adalah keajaiban’
-Albert Einstain


Beberapa orang melihat hal-hal seperti apa adanya dan
Bertanya mengapa. Aku memimpikan hal-hal yang tak
Pernah ada dan aku berkata, mengapa tidak?
-George Bernard Shaw


Ia yang sehat memiliki harapan,
Dan ia yang memiliki harapan
Memiliki segalanya.
-Pepatah Arab


Kesehatan fisik adalah aspek penting perusahaan terbaik_
Termasuk CEO… menjaga agar tetap sehat
Memiliki manfaat ekonomis dan juga manfaat spiritual
Dan psikologis.
-T. Boone Pickens


…. Napas selalu di sini, tepat di bawah hidung kita.
Anda berpendapat hanya merupakan kebetulan bahwa kita
Menemukan kegunaannya dalam satu atau lain hal.
-Jon Kabat-Zinn


Kebugaran fisik adalah modal dasar untuk mendapatkan
Semua bentuk prestasi.
-Jhon F. Kennedy
Musik memiliki pesona untuk menenangkan hati yang
Sedang gundah.
-William Congreve


Humor yang baik dapat membuat segala
sesuatu dapat diterima.
-Henry Ward Beecher


Body work (olah tubuh) merupakan istilah yang mencakup banyak tehnik, baik tehnik kuno dan modern,
Yang dapat menghasilkan relaksasi dan penyembuhan
Melalui pelajaran dalam gerakan yang indah, postur tubuh, latihan, pijat dan beragam bentuk manipulasi tubuh’
-The Medical Advisor, Time Life Books


Hanya ada dua kekuatan di dunia ini,
Kekuatan pedang dan kekuatan spirit,
Pada akhirnya kekuatan pedang akan
Selalu kalah oleh kekuatan spirit.
-Napoleon Bonaparte


Berbicara itu perak, diam itu emas
-Pepatah prancis


Kita tidak dapat melakukan hal-hal besar apabila tidak
Melakukan hal-hal kecil dengan rasa cinta yang besar.
-Mother theresa


Sekarang ini banyak orang memiliki sarana dan prasarana
Untuk hidup, tapi hidup tanpa makna.
-Viktor Frankl


Ia yang sangat mem banggakan diri sendiri,
Sebenarnya kosong di dalam bathinnya.
Hari itu akan tiba ketika, setelah memahami ruang,
Sang angin, sang pasang naik turun, dan gravitasi,
Kita seharusnya bersyukur pada tuhan atas energi kasih,
Dan pada hari itu, untuk kedua kalinya
Dalam sejarah unia ini,
Kita telah menemukan api kehidupan.
-Pierre Teilhard de Chardin


Kehidupan adalah apa yang terjadi pada diri kita
Sementara kita sedang membuat rencana lain.
-Thomas la Mance


Jadilah seperti seekor burung yang,
Menghentikan terbangnya sejenak dengan bertengger diatas ranting-ranting kecil, Merasakan ranting-ranting yang memberikan dirinya
Untuk di hinggapinya dan lalu bernyanyi,
Mengetahui bahwa ia punya sayap.
-Viktor Hugo


Kita tidak bolehberhenti mencari dan akhir dari semua pencarian kita adalah tempat dimana kita sebelumnya mulai dan mengetahui tempatnya untuk pertama kalinya.
-T.S Eliot




“ Seseorang harus mengalami kekacauan di dalam dirinya
untuk dapat melahirkan sebuah bintang yang cemerlang.”
-Frederich Nietzsche


Pikiran (mind) adalah pondasi bagi cara kita merasa. Pengalaman hidup kita bermula dari pola pikir (thinking) kita. Ketika suasana hati kita kacau, lebih sering kacau dari pada tidak, kita tengah berpikir tentang keaadaan sat itu dalam cara-cara yang kurang optimal. Seiring kita belajar dan memilih berpikirdengan cara –cara baru dan lebih sehat, cara kita merasa cenderung menjadi lebih baik secara alami.


Kebahagiaan adalah keadaan pikiran, bukan serangkain keadaan…. Anda tidak akan pernah menemukan kebahagiaan dengan “mencari” , karena pada saat anda mencarinya, anda membayangkan kebahagiaan ituada diluar diri anda. Kebahagiaan bukan berada di luar diri anda. Kebahagiaan adalah perasaan-perasaan alami dari fungsi psikologis yang sehatbathin anda… bila anda mengerti bahwa kebahagiaan itu tidak lebih dari sekedar perasaan, anda dapat menanamkanya, menumbuhkan, dan mempertahankanya bila anda sungguh-sungguh merasakanya… kebahagiaan tidak membutuhkan upaya sama sekali. Pada kenyataanya, kebahagiaan lebih merupakan membiarkan ketidakbahagiaan berlalu, bukan berusaha mengejar kebahagiaan.
-Richard Carlson


….ada banyak cara dimana kita sengaja menyebabkan diri kita sendiri mengalami kegelisahan dan penderitaan mental, meskipun, pada umumnya, penderitaan mental dan emosional itusendiri dapat muncul secara alami, sering hal itu disebabkan oleh diri kita sendiri yang memperkuat emosi negatif itu yang membuatnya menjadi semakin buruk.
…kita terlalu sensitif, bertindak berlebihan untuk hal-hal kecil dan yerkadang terlalu ambil hati. Kita cenderung terlalu seriusdalam menghadapi hal-hal kecildan membesar-besarkanya di luarkewajaran, sementara pada saat yang sama kita sering bersikap acuh tak acuh pada hal-hal yang sangat penting, hal-hal yang memiliki pengaruh besar bagi hiduop kita serta konsekuensi dan implikasi jangka panjangnya.
-Yang Mulia Dalai Lama




Untuk lebih banyak berhasil, lebih banyaklah gagal, kadang ketika anda menang, sebenarnya anda kalah. Kadang ketika anda kalah sebenarnya anda menang. Carilah peluang dalam rintangan. Lihatlah sesuatu yang luar biasa dari hal-hal yang biasa. Kadang anda harus bersusah payah untuk maju. Untuk sungguh-sungguh berhasil anda harus berusaha gagal secara berhasil.
-Charles C. Manz


…. Ubahlah kebiasaan mentalmu untuk mempercayai bukan mengingkarinya. Belajarlah mengharap, bukan meragukan. Dengan melakukan hal itu kamu akan menggiring apapun kedalam ranah kemungkinan….(termasuk) apapun yang tampaknya tidak mungkin… ketika kamu mengharapkan yang terbaik, kamu melepaskan kekuatan magnetis dalam pikiranmu, yang menurut hukum daya tarik cenderung membawa yang terbaik itu padamu….. betapa menakjubkan bagaimana sebuah harapan terbaik yang anda tanamkan yang dapat mengaktifkan kekuatan yang dapat mewujudkan yang terbaik.
-Norman Vincent Peale


Temukanlah sisi-sisi humor atau hal hal yang lucu dalam kegagalan yang anda alami, jangan terlalu serius terhadap diri sendiri. Santailah, singkirkan ketegangan anda, dan siapapun di sekitar Anda akan menjadi rileks dan santai. Bergembiralah, tunjukan antusiasmi_ selalu. Bila semua itu tidak berhasil, kenakan kostum yang aneh dan nyanikanlah sebuah lagu yang aneh. Kemudian ajaklah semua orang bernyanyi bersama anda… yang lebih penting lagi, dan lebih menyenangkan diluar perkiraan anda, hal itu mengelabuhi pesaing. “ mengapa kita harus repot-repot memikirkan orang-orang aneh yang kita temui,
-Sam Walton


Tujuan adalah dimensi terdalam diri kita-inti pusat atau hakekat dari kita-dimana kita memiliki kesadaran yang mendalam tentang siapa kita, darimana kita berasal, dan kemana tujuan kita. Tujuan adalah kualitas yang kita pilih untuk membentuk hidup kita. Tujuan adalah sumber energi dan arah.
-Richard Leider


Pilihan hidup yang mendasar berakar dalam spirit kita. Diri sejati kita sering tersembunyi oleh kebiasaan dan kegiatan kita sehari-hari. Ketika kita dapat meluangkan waktu untuk berhenti, rileks dan mendengarkan suara hati, seluruh keberadaan kita berubah menjadi sebuah dimensi baru yang lebih bermakna. Suatau pilihan untuk menyadarkan dan menumbuhkembangkan spirit adalah sebuah pilihan untuk merasa dan menjadi lebih baik selama hidup kita.

No comments:

>>>

-



-