04 April 2010

Kebenaran Akan Selalu Berjaya


Dalam setiap jaman selalu ada insan-insan cemerlang yang merubah dunia dengan pandangan dan paradigma baru. Seorang manusia baru, seorang pemberani yang telah keluar dari penjara pengkondisian lingkungan akibat peradapan yang telah usang. Para nabi, mesiah, buddha dan avatar adalah para pribadi unggul yang sepenuh hati telah mendedikasikan hidupnya demi nilai-nilai kemanusiaan. Keberadaan mereka merupakan kunci bagi adanya perubahan yang signifikan dalam pemahaman kesadaran manusia dalam tiap masanya.Dengan berbekal keyakinan, pengetahuan dan kekuatan yang dimilikinya mereka menorehkan namanya dalam daftar nama-nama orang paling dikenang sepanjang masa.
Perubahan adalah hukum alam yang paling mendasar, ia tidak mengenal kata berhenti. Tidak ada istilah selesai dalam setiap momentnya, akan terus terjadi penyempurnaan- penyempurnaan. Namun demikian tema yang di usung akan tetap sama, tema tentang cinta tentang kasih dalam bingkai kesadaran. Dalam ranah kemanusiaan yang utuh tanpa embel-embel.

Didalam sebuah peradapan yang korup dimana banyak ajaran kemanusiaan mulai di salah artikan, ajaran-ajaran yang dulunya sangat fleksibel kini telah menjadi sebuah peraturan-peraturan dan dogma yang kaku. Dan keberadaan hal ini tentunya melahirkan sekian banyak lembaga dan otoritas yang merasa paling benar dan memiliki kewenangan mutlak terhadap setiap aturan yang ada.
Maka lahirlah agama-agama sebagai penampung semua hal itu. Sehingga ajaran yang dulunya fleksibel sekarang menjadi paten.
Hal itu tentu sudah tidak sesuai dengan harapan para nabi, mesiah, buddha, dan avatar yang menghendaki perubahan kesadaran secara alami dan selaras dengan nilai-nilai luhur kemanusiaan.

Maka perubahan dalam penyelarasan ini mesti terjadi dan berlanjut lagi. Di masa lalu para insan pendobrak ini sering mengalami hal yang tragis dalam kehidupannya. Ada konspirasi licik dari pihak status quo yang merasakan segala kenyamanan yang di peroleh akan musnah karena perubahan ini. Karena perubahan kesadaran yang terjadi dalam setiap diri manusia dalam suatu lingkungan peradapan tentu akan berdampak luas terhadap masalah yang lainnya. Para tokoh agamawan akan kehilangan umatnya, para politisi licik akan di tinggal pendukungnya, para penguasa akan banyak kehilangan kesetiaan dari rakyatnya.

Sudah menjadi cerita klasik dalam setiap masa para insan cemerlang pendobrak pandangan ini akan berakhir dalam situasi yang memprihatinkan. Sang Buddha diracun, Gusti Yesus disalib, Galileo dieksekusi, Al halaj dipancung, Martin Luther king ditembak mati dan masih banyak yang lainnya.

Hal itu membuktikan bahwa perubahan merupakan ancaman yang paling di takuti. Namun sekarang dalam era informasi yang serba canggih ini nampaknya modus untuk menyingkirkan para pelopor perubahan mengalami banyak pergeseran. Telah terbukti bahwa penyiksaan secara fisik maupun menghilangan nyawa secara paksa justru akan menyulut rasa penasaran kaum awam untuk mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi, semakin populer nilai patriotisme seorang pendobrak semakin cepat ide-ide dan pandangannya meluas dalam pikiran masyarakat. Dan hal-hal seperti itu menjadi moment penting yang merubah sejarah. Dan hal ini sangat tidak di inginkan oleh pihak status quo.

Pembunuhan karakter terhadap tokoh tertentu mudah dilakukan oleh ia yang mempunyai uang dan kekuasaan. Tinggal mencari link yang tersumbat atau eror yang pernah terhubung dengan sang tokoh pelopor dan klik, semudah memejet tombol, dengan menyewa banyak pengacara, dan menggiring opini lewat media yang dibayar berkas kasuspun siap dilimpahkan. Mudah dan simpel.

Pembunuhan karakter merupakan strategi terbaru yang dapat di terapkan di jaman internet sekarang ini, selain banyak penyimbangan pemberitaan oleh media tertentunya. Banyak konspirasi kepentingan yang bermain di belakangnya.

Sudah banyak diketahui bahwa peran media menempati kedudukan teratas dalam menyebarkan opini dalam suatu masyarakat. Sehingga dapat di pastikan siapa yang menguasai media informasi ia akan yang menjadi yang paling berkuasa. Dan dengan mudah menggiring opini yang berkembang dalam masyarakat sesuai dengan tujuannya.

Namun harap di sadari, bahwa kebenaran adalah kebenaran. Ia tidak bisa di tutup-tutupi terlalu lama, karena kebenaran adalah kehidupan ia hidup dan bernafas. Setiap getaran energinya akan memaksa setiap mulut untuk bersuara, setiap tangan untuk berkarya untuk menulis, setiap hal untuk membawanya ke podium tertinggi.
Setiap usaha untuk menghadangnya hanya akan berakhir sia-sia saja.

Jangan mencoba menghadang kebenaran kau akan tergilas dan kelak akan menyesal seumur-umur. Ia telah telah menjalar menyentuh apa saja, buku-buku, internet, alam, kesadaran individu yang siap meneruskan misi. ia hanya menunggu waktu yang tepat saja untuk meledakkan ketidaksadaran kita.

Kebenaran akan selalu berjaya.

No comments:

>>>

-



-